PANDUAN PEMBUATAN
LAPORAN ASUHAN KEPERAWATAN
Nama Mahasiswa :
NPM :
Hari/Tanggal :
Ruangan :
I. PENGKAJIAN
A. IDENTITAS
IDENTITAS KLIEN
Nama :
Jenis kelamin :
Umur :
Alamat :
Pendidikan :
Pekerjaan :
Status perkawinan :
Agama :
Suku/bangsa :
Tanggal masuk RS :
Diagnosa Medis :
No. RM :
IDENTITAS PENANGGUNG JAWAB
Nama :
Jenis kelamin :
Umur :
Pekerjaan :
Alamat :
Hubungan dengan klien :
B. RIWAYAT KESEHATAN
1. Keluhan Utama
Diisi tentang keluhan yang dirasakan klien pada
saat perawat melakukan pengkajian pada kontak pertama dengan klien.
2. Riwayat Kesehatan/penyakit Sekarang
Diisi tentang perjalanan penyakit klien, dari
pertama kali keluahan dirasakan saat di rumah, usaha untuk mengurangi keluhan
(diobati dengan apa, dibawa ke puskesmas atau ke pelayanan kesehatan lain),
sampai di bawa ke rumah sakit dan menjalani perawatan.
3. Riwayat Kesehatan/penyakit Dahulu
Diisi tentang riwayat kesehatan klien sebelum
sakit yang dialami sekarang, diagnosa penyakit yang pernah diderita, apakah
dulu pernah mengalami keluhan yang sama dengan dirasakan sekarang, atau pernah
menderita penyakit/didiagnosa suatu penyakit sebelumnya.
4. Riwayat Kesehatan/penyakit Keluarga
Diisi tentang riwayat kesehatan keluarga, adakah
anggota keluarga yang pernah atau sedang mengalami sakit seperti yang klien
alami sekarang. Adakah anggota keluarga yang mengalami penyakit yang
berhubungan dengan sakit yang diderita klien sekarang. Adakah anggota keluarga
yang menderita penyakit menular atau penyakit keturunan.
5. Riwayat Tumbuh Kembang (Anak)
Diisi tentang riwayat perinatal ibu, proses
kelahiran anak dan masa pertumbuhan anak, status imunisasi, riwayat penyakit
saat balita, status gizi (hanya diisi bila klien anak-anak).
C.
PEMERIKSAAN
FISIK
1. Keadaan Umum
Diisi tentang data-data tanda-tanda vital, tingkat
kesadaran, data antropometri.
2. Kulit
Diisi tentang data hasil pengkajian sistem
integumen/kulit, keadaan umum kulit, kebersihan, integritas kulit, tekstur,
kelembaban, adanya ulkus/luka, turgor, warna kulit dan bentuk kelainan lain
dari kulit.
3. Kepala
dan Leher
Diisi tentang data hasil pengkajian daerah kepala,
distribusi rambut, keadaan umum kepala, kesimetrisan, adanya kelainan pada
kepala secara umum.
Pengkajian leher yaitu adanya pelebaran vena
jugularis, pembesaran kelenjar tiroid, pembesaran kelenjar limfe, keterbatasan
gerak leher, kelainan lain.
4. Penglihatan dan Mata
Diisi tentang data hasil penglajian daerah mata
dan fungsi sistem penglihatan, keadaan mata secara umum, konjungtiva (anemis,
peradangan, trauma), adanya abnormalitas pada mata/kelopak mata, visus,daya
akomodasi mata, penggunaan alat bantu penglihatan, kelainan/gangguan saat
melihat.
5. Penciuman dan Hidung
Diisi tentang data hasil pengkajian daerah hidung
dan fungsi sistem penciuman, keadaan umum hidung, jalan nafas/adanya sumbatan
pada hidung, polip, peradangan, sekret/keluar darah, kesulitan bernafas, adanya
kelainan bentuk dan kelainan lain.
6. Pendengaran dan Telinga
Diisi tentang data hasil pengkajian daerah telinga
dan fungsi sistem pendengaran, keadaan umum telinga, gangguan saat mendengar, penggunaan
alat pendengaran, adanya, adanya kelainan bentuk dan gangguan lain.
7. Mulut dan Gigi
Diisi tentang data hasil pengkajian mulut dan
fungsi pencernaan bagian atas, keadaan umum mulut dan gigi, gangguan menelan,
adanya peradangan pada mulut (mukosa mulut, gusi, faring), adanya kelainan
bentuk dan gangguan lain.
8. Dada, Pernafasan dan Sirkulasi
Diisi tentang data hasil pengkajian dada, yaitu
dari hasil inspeksi (perkembangan/ekspansi dada, kesimetrisan dada), palpasi
(kesimetrisan dada, taktil premitus), perkusi (paru: resonan, adanya penumpukan
sekret/cairan/darah),auskultasi (pernafasan: suara nafas,jantung: bunyi
jantung). Sirkulasi: perfusi darah ke perifer, warna ujung-ujung jari, bibir,
kelembaban kulit, urine output,keluhan pusing, pandangan kabur saat berubah
posisi, CRT. Keluhan lain
seperti dada berdebar-debar, nyeri dada, sesak nafas.
9. Abdomen
Hasil inspeksi: keadaan umum abdomen, pergerakan
nafas, adanya benjolan, warna kulit.
Palpasi: adanya massa pada abdomen, tugor kulit,
adanya asites.
Perkusi: bunyi timpani, hipertimpani untuk perut
kembung, pekak untuk jaringan padat.
Auskultasi: peristaltik usus per menit.
10. Genetalia dan Reproduksi
Hasil pengkajian tentang keadaan umum alat genital
dan fungsi sistem reproduksi. Kelainan pada anatomi dan fungsi. Keluhan dan
gangguan pada sistem reproduksi.
11. Ekstremitas Atas dan Bawah
Hasil pengkajian ekstremitas atas dan bawah.
Rentang gerak, kekuatan otot, kemampuan melakukan mobilisasi, keterbatasan
gerak, adanya trauma/kelainan pada kaki/tangan, insersi infus, keluhan/gangguan
lain.
D.
KEBUTUHAN
FISIK, PSIKOLOGI, SOSIAL DAN SPIRITUAL
1. Aktivitas dan Istirahat (di rumah/sebelum
sakit dan di rumah sakit/saat sakit)
Di rumah : kebiasaan, aktivitas, pola istirahat,
gangguan aktivitas.
Di RS: kemampuan beraktivitas, gangguan aktivitas.
2. Personal Hygiene
Di rumah : kebiasaan mandi,keramas,gosok gigi
(personal hygiene)
Di RS : gambaran umum kebersihan klien, kemampuan
untuk perawatan diri.
3. Nutrisi
Di rumah : kebiasaan makan, pantangan, makanan
yang bisa menyebabkan alergi.
Di RS : pola makan, gangguan makan, diit yang
diberikan.
4. Eliminasi (BAB dan BAK)
Di rumah : kebiasaan/pola BAB dan BAK,
keluhan/gangguan saat eliminasi.
Di RS : pola BAB dan BAK, perubahan pola
eliminasi.
5. Seksualitas
Pola seksualitas, keluhan seksualitas.
6. Psikososial
Hubungan klien dengan orang lain, hubungan klien
dengan keluarga, orang terdekat, hubungan klien dengan tenaga kesehatan,
keadaan psikologis klien, penerimaan dan harapan klien tentang penyakitnya,
pengetahuan klien tentang penyakitnya.
7. Spiritual
Kepercayaan klien terhadap Tuhan, keyakinan klien
tentang sakit yang dideritanya.
E.
DATA
FOKUS
Data subyektif : berupa keluhan dari klien
Data objektif
1. Inspeksi :
2. Palpasi :
3. Perkusi :
4. Auskultasi :
F. PEMERIKSAAN PENUNJANG
Diisi tentang pemeriksaan penunjang
dilakukan seperti pemeriksaan rontgen, biopsi, laboratorium, dan lain-lain.
G. TERAPI FARMAKOLOGI
Diisi tentang daftar obat yang diberikan kepada
klien (jenis obat, cara pemberian, waktu pemberian, dosis). Setiap perubahan
terapi pengobatan dicatat sesuai dengan hari dan tanggal pemberian.
II. ANALISA DATA
NO
|
DATA
|
MASALAH
|
ETIOLOGI
|
1.
|
-
Diisi dengan data subjektif dan objektif
DS :
Data yang diperoleh dari ungkapan langsung klien atau keluarga.
DO:
Data yang didapatkan dari hasil pengkajian perawat dan dari data lain
(pemeriksaan oleh tenaga kesehatan lain, pemeriksaan penunjang).
-
Khusus untuk diagnosis keperawatan resiko, kolom
ini diisi dengan faktor-faktor resiko
|
-
Masalah yang muncul sesuai dengan data yang
didapatkan
-
Ditulis dalam bentuk label diagnosis keperawatan
merujuk pada diagnosis keperawatan NANDA
|
-
Etiologi/faktor yang berhubungan dari masalah/diagnosis
keperawatan yang didapatkan dari hasil analisis patofisiologi penyakit
-
Hanya diisi bila termasuk dalam diagnosis
keperawatan aktual,beberapa diagnosis keperawatan sindrom dan kesejahteraan
|
Prioritas Masalah:
Diisi sesuai dengan masalah-masalah yang didapatkan di analisa data,
ditulis dalam bentuk diagnosa keperawatan lengkap (masalah+etiologi), disusun
berdasarkan masalah mana yang perlu mendapat penanganan utama.
1.
2.
3.
III. PERENCANAAN/PLANNING
NO
|
HARI/
TANGGAL
|
DIAGNOSA
KEPERAWATAN
|
PERENCANAAN
|
||
TUJUAN
|
INTERVENSI
|
RASIONAL
|
|||
Diisi dengan
diagnosis keperawatan beserta data (data subjektif dan obyektif;
faktor-faktor resiko)
|
- NOC
- Kriteria evaluasi
- Target waktu
|
- NIC
- Aktivitas keperawatan
- Menggunakan kata kerja aktif atau
perintah
|
Rasionalisasi/alasan ilmiah dari aktivitas keperawatan
yang ditentukan oleh perawat
|
IV. IMPLEMENTASI
NO
|
HARI/
TANGGAL
|
PUKUL
|
NO.
DIAGNOSIS
KEPERAWATAN
|
IMPLEMENTASI
|
EVALUASI
TINDAKAN
|
PARAF
|
Menggunakan kata kerja (awalan me - ),
disesuaikan dengan aktivitas keperawatan yang telah ditentukan dan keadaan
klien.
|
Evaluasi setiap respon
klien terhadap setiap aktivitas keperawatan yang dilakukan perawat segera
setelah tindakan.
|
V. EVALUASI
NO
|
HARI/
TANGGAL
|
PUKUL
|
NO.
DIAGNOSIS
KEPERAWATAN
|
EVALUASI
|
PARAF
|
S: evalusi semua tindakan berupa data subjektif secara keseluruhan sesuai
dengan diagnosa yang ditentukan.
O: evaluasi semua tindakan berupa data objektif secara keseluruhan sesuai
dengan diagnosa yang ditentukan.
A: penilaian perawat terhadap semua tindakan yang telah dilakukan untuk
mengatasi satu masalah keperawatan, apakah masalah teratasi, teratasi
sebagian atau teratasi seluruhnya.
P: diisi intervensi-intervensi yang harus harus dilakukan pada hari/shift
berikutnya.
1.
2.
3.
….
|
Really helpful, thanks
BalasHapusKak yg kotak yg ujung itu nda keliatan
BalasHapus